Rangkaian DOL (Direct Online)

DOL Starter

Tahukah anda apa itu DOL (direct online)?
Seperti arti pada katanya, direct online adalah teknik yang memungkinkan kita untuk start/stop motor melalui suatu rangkaian kontrol. Pada aplikasi industri, anda akan menemukannya dengan istilah starter module pada Motor Control Center (MCC).

Bagaimana cara kerja Direct Online?
Cara kerja Sederhana pada rangkaian DOL dibagi atas dua rangkaian:

Rangkaian daya
Pada rangkaian daya anda akan menemukan komponen utama yang akan mengalirkan daya dari sumber ke beban yaitu motor. Mengalir atau tidaknya daya untuk motor ini diatur oleh rangkaian kontrol.

Rangkaian kontrol
Kontrol ini bekerja melalui sebuah device listrik yang disebut dengan kontaktor yang akan memutuskan/mengalirkan daya dari sumber ke motor melalui anak-anak kontaknya. Biasanya kontak yang digunakan adalah jenis normal terbuka atau Normally Open yang sering disingkat dengan NO).

Rangkaian DOL (Direct Online)Rangkaian DOL (Direct Online)


Prinsip Kerja

Pada kondisi normal :
anak kontak kontaktor utama masih dalam kondisi normalnya yaitu terbuka (NO).

Pada kondisi start :
saat tombol START ditekan, rangkaian kontrol akan tertutup sehingga akan ada aliran arus ke belitan/koil kontaktor utama. Efek elektromagnetis akibat mengalirnya arus ke belitan tadi akan menarik anak-anak kontak sehingga berubah ke kondisi lawannya (terbuka menjadi tertutup dan tertutup menjadi terbuka).

Motor akan selalu mendapatkan aliran daya selama rangkaian daya/rangkaian kontrol tertutup (closed loop) yaitu apabila:

- Main breaker Q1 tidak dimatikan
- Tombol STOP (termasuk Emergency Stop jika ada) tidak ditekan
- Proteksi panas F2 berlebih akibat kelebihan arus tidak bekerja
- MCB F10 tidak terbuka

Rangkaian kontrol direct online adalah pilihan yang cocok untuk aplikasi yang hanya membutuhkan kendali hidup/mati sebuah motor listrik. Rangkaian start/stop umumnya digunakan pada sirkuit atau mesin yang berhubungan dengan induction motor sebagai penggeraknya, seperti mesin-mesin pompa, conveyor, roll dll. Arus starting motor dengan kontrol DOL sangat tinggi begitu pula torsi awal motor yang dibangkitkan.


referensi :

http://taufiqsabirin.wordpress.com/

Anda mungkin juga ingin ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

:bye: 
:good: 
:negative: 
:scratch: 
:wacko: 
:yahoo: 
B-) 
more...